Wednesday 22 October 2014

Android Versi 5.0 Telah Rilis

Android 5.0 Lollipop atau yang sebelumnya disebut dengan Android L secara resmi telah diumumkan sebagai versi terbaru sistem operasi Android. Lollipop ini diklaim sebagai update terbesar sistem operasi Android sepanjang sejarah, tak heran penerus KitKat ini mengusung perubahan yang signifikan. Google telah menyematkan sejumlah fitur baru pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop.


Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah desain antarmuka Android 5.0 Lollipop yang baru, yakni disebut dengan Material Design. Konsep UI Material Design ini terinspirasi dari kertas dan tinta yang mengusung tampilan flat, minimalis, dan dilengkapi efek animasi baru. Ini membuat Android tampil lebih modern.
Perubahan yang paling signifikan dari Android 5.0 Lollipop yang tak terlihat oleh pengguna adalah penggunanan ART runtime yang menggantikan Dalvik yang selama ini digunakan pada Android versi sebelumnya. Dalvik menggunakan konsep Just-in-Time, yang mana kode aplikasi dikompilasi saat dijalankan.

Sedangkan ART menggunakan konsep Ahead-of-Time yang mana proses kompilasi dari kode aplikasi dilakukan saat instalasi, sehingga proses instalasi akan lebih lama dan memakan memori yang lebih banyak. Kendati demikian, performa saat menjalankan aplikasi akan meningkat secara dramatis.

Fitur lain yang diusung oleh sistem operasi Android 5.0 Lollipop adalah hadirnya Project Volta yang secara signifikan mampu meningkatkan daya tahan baterai perangkat hingga 30% lebih lama dari biasanya. Project Volta pada Android 5.0 Lollipop merupakan jawaban Google untuk fenomena smartphone masa kini yang boros daya baterai.
Seperti yang dilansir dari blog Google & GSM Arena (15/10/2014), Android 5.0 Lollipop ini juga telah mendukung arsitektur 64-bit yang memungkinkan perangkat dapat menggunakan memori RAM lebih dari 4GB. Selama ini smartphone dan tablet Android hanya mentok dengan RAM sebesar 3GB saja.

Fitur-Fitur Baru Android 5.0
Tampilan Baru
Lewat Android L, Googlemenerapkan konsep baru yang diberi nama Material Design. Ini akan menghasilkan tampilan yang sederhana tapi tetap modern. Android L juga akan dilengkapi dengan efek animasi.

Efek Real-time Shadows
Akan ada elemen shadows atau bayangan pada penampilan Android L. Ini diperkirakan mirip seperti yang ada pada sistem operasi buatan Apple untuk iPhone, yakni iOS 7. Efek semacam ini sebenarnya kerap digunakan oleh pembuat aplikasi digital.

Desain Baru Navigasi
Kabarnya akan ada rancangan baru pada navigasi utama. Meskipun tidak mengalami perubahan fungsi, Google menjanjikan sebuah kejutan.

Kesesuaian dengan Perangkat
Lewat konsep Material Design, Google menghadirkan penampilan yang disesuaikan dengan perangkat. Sistem operasi ini diharapkan memberi kenyamanan saat diakses melalui telepon pintar, sabak digital, atau komputer.

Desain Baru Gmail
Aplikasi Gmail akan menampilkan lebih banyak warna menarik. Penyegaran pada Gmail bakal memberikan kesan yang lebih segar dan menarik. Tampilan avatar pada Gmail juga akan mengalami perubahan.

Notifikasi
Penanda akan adanya pesan masuk memungkinkan pengguna untuk tidak harus selalu masuk ke aplikasi untuk membukanya. Meskipun dianggap praktis, fitur ini dikhawatirkan malah akan mengganggu. "Ini akan mengharuskan Anda untuk mengatur aplikasi mana saja yang notifikasinya otomatis dimunculkan," tulis Trusted Reviews.

3D Multitasking
Keterangan mengenai aplikasi yang sudah diakses akan muncul dengan tampilan 3D. Ini merupakan bagian dari menu multitasking yang dihadirkan Google.

Tautan yang Terhubung Langsung dengan Pencarian Google
Pengembang aplikasi digital bakal memiliki tautan langsung dengan aplikasi yang terhubung pada situs pencarian. Dengan demikian, pengembang dapat secara langsung mengarahkan bagian aplikasi secara spesifik lewat Chrome melalui telepon pintar.

Dapat Terhubung dengan Banyak Perangkat
Android L mengusung ambisi Google yang ingin menghubungkan peranti lunaknya dengan banyak perangkat. Sistem operasi ini nantinya dapat digunakan untuk mengoperasikan Android TV, peralatan rumah tangga pintar, dan mobil pintar.


Inilah Penampakan Interface Android Versi 5.0



1 comment: